Minggu, 21 Oktober 2012

ULTIGRAPH 2 - UMN



Fakultas Seni dan Desain Universitas Multimedia Nusantara kembali menggelar Festival Seni dan Desain yang akrab disebut Ultigraph. Ini merupakan kali kedua bagi Fakultas Seni dan Desain UMN mengadakan Ultigraph. Ultigraph 2.0: Desainologi bertajuk “Explode Your Idea” ini bertujuan untuk membina dan membentuk relasi komunitas dengan mahasiswa desain grafis antar universitas. Dalam Ultigraph ini, seluruh mahasiswa desain grafis diajak untuk saling sharing pengalaman dan pengetahuan di bidangnya masing-masing. Relasi komunitas tersebut dibangun dari pengadaan pameran selama 9 hari sebagai wadah mahasiswa menampung ide, tidak terkecuali dengan mahasiswa jurusan lain. Karya yang masuk akan dibatasi mencapai 150 karya, yang kemudian akan diseleksi untuk dipamerkan.


Berbagai lomba yang menyentuh aspek seni dan desain diadakan bukan hanya untuk aksi unjuk diri, tetapi juga tempat untuk pengembangan diri dalam kemampuan desain komunikasi visual. Sebut saja lomba traditional painting, digital painting, fotografi, packaging / branding, dan custom toy. Untuk melengkapi pengetahuan dalam seni dan desain, maka acara Ultigraph didampingi juga dengan seminar dari tiga pembicara dan talk show  dari satu pembicara, keempatnya merupakan praktisi atau pengajar dalam bidang seni dan desain.  Seminar dihelat dengan tema “Typography”, “Branding & Graphic Design”, “Motion Graphic”, dan “Perkembangan Aliran Desain Grafis dan Komunitasnya di Dunia Industri Desain”.  

Dengan tema umum “Desainologi”, kita memadukan bahasan mengenai ilmu tentang desain dengan teknologi modern yang memiliki tema khusus Nusantara. Kurangnya perhatian terhadap lokalisasi budaya nusantara membuat kita tergerak untuk memajukan semangat anak muda, terutama anak desain, untuk mulai memperhatikan elemen Nusantara sebagai dasar penerapan dalam seni dan desain. Banyak gaya desain bisa dieksplor dari pengamatan tentang elemen nusantara. Suasana ini pula yang ingin diciptakan oleh Ultigraph 2.0: Desainologi.

Kesempatan menjadi partisipan dalam acara pameran, lomba, seminar, ataupun pada hari penutupan masih terbuka lebar untuk seluruh komunitas umum. Kita masih menerima teman-teman yang ingin mengikuti acara ini sebagai peserta atau pengunjung, terutama melihat bahwa total hadiah bernilai 12 juta rupiah. Ketentuan lomba berikut formulir pendaftaran bisa diisi secara online pada website Ultigraph: www.ultigraph.com. Perkembangan acara bisa meninjau dari twitter: @ultigraph2UMN. Kesempatan juga terbuka untuk para pihak eksternal yang ingin menjadi bagian dari acara Ultigraph, berupa kerjasama atau partnership. Ketentuan bentuk kerjasama atau ingin mengetahui perkembangan acara lebih lanjut bisa mengontak email: ultigraph@gmail.com. Saatnya relasi komunitas desain berkembang dan meledakkan kreativitasnya ke seluruh dunia! Explode Your Idea!

Oleh: Lusiana Udjaja


Tidak ada komentar:

Posting Komentar