Selasa, 30 Oktober 2012

POSEIDON 2012 - ITB




Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dan merupakan pencetus konsep Negara Kepulauan (archipelagic state) atau Wawasan Nusantara. Pengertian kepulauan yang demikian luas itu tidak lagi sekumpulan pulau, namun dapat disebut sebagai “a maritime continent” . Seluruh kehidupan di pulau tersebut berciri maritim, yaitu peri kehidupan yang memanfaatkan laut sebagai sumber hidupnya.

Lokasi yang strategis, yaitu terletak tepat di titik pertemuan jalur komunikasi dunia, antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia serta antara Benua Asia dan Benua Auatralia mempengaruhi sirkulasi global Negara Indonesia baik atmosfir maupun laut.

Wilayah dengan iklim tropik ini menyebabkan perairan laut Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat tinggi. Walaupun demikian besar peranan perairan Indonesia terhadap kehidupan masyarakatnya tetapi pengetahuan akan perairan Indonesia ini masih minim.  Sehingga melalui POSEIDON ITB 2012, kami mahasiswa Oseanografi ITB akan memperkenalkan pentingnya ilmu ocean science untuk masa depan Indonesia.

Sebentar lagi loh! Tunggu kami dan follow kami di @POSEIDONITB2012
atau kunjungi web kami di www.poseidonitb2012.com untuk update info lebih lanjut ya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar