Sabtu, 18 Februari 2012

Disaster Harmony Day : Learning from Japan

 

Disaster Harmony Day adalah sebuah pra-acara dari Symposium Tahunan Learn From Japan yang diadakan oleh Pusat Krisis Psikologi UI bekerjasama dengan Program Pasca Sarjana Kajian Pengembangan Perkotaan dan Kajian Wilayah Jepang Universitas Indonesia. Disaster Harmony Day (DHD) akan diadakan pada hari senin,  tanggal 20 Februari 2012 di Gedung IX FIB UI pukul 13.00.

Letak Indonesia di antara 2 benua dan 2 samudra membuat Indonesia menjadi negara yang strategis. Namun, hal itu juga menandakan bahwa Indonesia merupakan wilayah yang rawan bencana karena dilewati oleh patahan lempengan dan jalur vulkanis yang membentuk rantai pegunungan merapi. Fakta tersebut menjelaskan mengapa Indonesia begitu sering mengalami bencana alam.

Masyarakat Indonesia tentunya harus menerima fakta bahwa bencana alam adalah hal yang tak bisa dihindari di tanah air kita tercinta ini. Hal yang dapat dilakukan adalah berdamai dengan keadaan, karena itulah kami menamai acara ini dengan “Disaster Harmony Day” yang mengusung pesan “hidup harmonis didalam bencana”.  Dalam hal ini, Indonesia bisa belajar dari Jepang yang telah lama menyesuaikan diri dengan banyaknya bencana yang hadir. Bagaimana Jepang menghadapi bencana.

Acara yang dikemas dengan lebih ringan dan menarik ini, tidak hanya akan menghibur mahasiswa tetapi juga dapat menjadi media pembelajaran tentang potensi bencana negeri ini. Mahasiswa dapat belajar dari negara Jepang yang sangat baik dalam manajemen bencana. Dengan demikian diharapkan mahasiswa sebagai generasi muda penerus bangsa dapat meneruskan pesan tersebut kepada lingkungannya.

CP : Junita (081376481444)
Twitter : LFJ_2012
FB : Disaster Harmony Day : Learning From Japan
Formspring : LFJ2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar