Minggu, 02 September 2012

National Accounting Challenge (NAC) 2012 - STAN




Apa itu NAC ?
National Accounting Challenge (NAC) adalah kompetisi akademis dwi tahunan yang diadakan oleh Himpun an Mahasiswa Spesialisasi Akuntansi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (HIMAS STAN). Pada intinya, NAC merupakan salah satu olimpiade akuntansi terbesar di Indonesia.


Sejarah NAC ?
Pertama kali NAC diadakan tahun 2007 dan sebagai pemenangnya adalah Juara I : Universitas Indonesia, Juara II : Petra, Juara III : Universitas Airlangga. Setelah sukses mengadakan acara tersebut, panitia berharap mengadakan kompetisi serupa dua tahun kemudian. Dua tahun karena acara tingkat nasional ini membutuhkan persiapan yang cukup banyak sementara kebanyakan panitianya adalah Diploma III. Pada tahun 2008. HIMAS (Himpunan Mahasiswa Akuntansi) dan BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) bekerja sama dengan IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) mengadakan lagi acara serupa di tahun 2008. Pada saat itu juara I adalah Universitas Bangka Belitung (UBB). Pada babak Final diikuti oleh 20 Tim, yang merupakan saringan dari 146 tim yang bertarung di babak Seleksi Pendahuluan di enam wilayah kota besar. Pada tahun 2010, BEM STAN dan HIMAS STAN kembali melakukan kerjasama. Para peserta ini datang dari berbagai penjuru di Indonesia, 20 tim terbaik masuk ke babak Final. Para delegasi berasal dari Universitas Sumatera Utara, Universitas Bangka Belitung, Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, Universitas Negeri Semarang, Universitas Surabaya, Politeknik Ujung Pandang, Institut Bisnis dan Informatika Indonesia, Universitas Tarumanegara, Universitas Indonesia, Bakrie School of Management, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Trisakti, dan STIE Dr. Mochtar Thalib-ISMMED. Sebagai juara I NAC 2010 adalah tim STAN 5 dengan anggota Heru Setiawan, Moch. Sapto Setiawan, dan Ellen Maharani akhirnya berhasil memperebutkan piala bergilir Menteri Keuangan RI sebagai juara pertama NAC 2010. Sedangkan untuk juara kedua adalah tim STAN 6 dan juara ketiga tim UNNES 1. Pada kesempatan itu juga diumumkan pemenang karya tulis ilmiah Accounting Future Issue terbaik yaitu tim UNNES 1. Kali ini, National Accounting Challenge akan diadakan kembali yang kali ini diadakan oleh HIMAS (Himpunan Mahasiswa Akuntansi STAN) dan PKAKP STAN (Pusat Kajian Akuntansi dan Keuangan Publik) dengan mengusung kompetisi akuntansi yang melibatkan mahasiswa-mahasiswa akuntansi dan setaranya dari 9 kota besar, yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Makassar, Manado, dan Banjarmasin. Kompetisi akuntansi ini diramaikan dengan beragam format kompetisi yang tentunya memiliki ciri khas yang berbeda antara yang satu dengan lainnya.

Diawali dengan pre-eliminary selection yang diadakan di 9 (sembilan) kota besar yang menjadi sasaran wilayah NAC. Kemudian akan dilanjutkan kepada putaran final yang memiliki beberapa item menarik. Format acara final dari NAC sendiri, terdiri dari Opening Ceremony, Thinkfast Challenge, Corporate Challenge, Company Visit, Audit Challenge, Accounting Future Issue Challenge, dan ditutup dengan Closing Ceremony.


Konsep Acara ?
Acara National Accounting Challenge 2012 terdiri atas beberapa bagian, yaitu:
1. Preliminary Selection (Babak Pendahuluan).
Merupakan seleksi awal yang harus diikuti oleh tim peserta yang mendaftar dan akan menjadi langkah awal untuk penyisihan tim-tim yang pantas memasuki putaran final. Babak ini dilaksanakan di 9 kota besar (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Makasar, Manado, dan Banjarmasin)

2. Putaran Final
25 tim yang tersaring akan mengikuti putaran final yang dilaksanakan di Jakarta yang terdiri dari beberapa item acara, yaitu:
- City Tour
- Audit Talkshow
- Accounting Future Issue Talkshow
(Penjelasan lebih detailnya silahkan kunjungi website kami : www.nac-stan.com)


Hadiah ?
Hadiah diberikan tidak hanya sekali, tetapi diberikan pada dua tahap, yakni saat preliminary selection dan saat putaran final. Lebih detailnya :
1. Preliminary Selection
JUARA  1
Uang Tunai Rp 1.000.000,00 + Piala Gubernur* + Sertifikat
JUARA 2
Uang Tunai Rp 750.000,00 + Piala Gubernur*+ Sertifikat
JUARA 3
Uang Tunai Rp 500.000,00 + Piala Gubernur* + Sertifikat

2. Putaran Final
JUARA 1
Piala Menteri Keuangan Republik Indonesia*
Uang tunai sebesar Rp15.000.000,00.
Sertifikat.
JUARA 2
Piala Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan keuangan*
Uang tunai sebesar Rp10.000.000,00.
Sertifikat.
JUARA 3
Piala Direktur Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)*
Uang tunai sebesar Rp5.000.000,00.
Sertifikat.

Jika dikalkulasikan, total hadiah NAC 2012 ini sebesar lebih dari 50 juta (sudah termasuk souvenir dan merchandise lainnya)


Bagaimana cara mendaftarnya ?
  • Waktu pendaftaran :
    • Transfer uang pendaftaran : 6 Agustus s.d. 12 September 2012
    • Pengisian formulir pendaftaran : 6 Agustus s.d. 14 September 2012
  • Syarat peserta :
    • Peserta adalah mahasiswa/i DIII, DIV, atau S1 Perguruan Tinggi di Indonesia.
    • Peserta adalah tim, yang masing-masing terdiri dari 3 (tiga) orang mahasiswa/i dan dapat disertai dengan 1 (satu) orang dosen pembimbing.
    • Masih tercatat sebagai mahasiswa aktif di perguruan yang bersangkutan.
  • Setiap perguruan tinggi dapat mengirimkan lebih dari 1 tim tanpa batasan jumlah.
  • Menaati semua persyaratan yang ditentukan.
  • Langkah Pendaftaran :
1.     Menyetorkan uang kontribusi sebesar Rp800.000,00 yang ditransfer ke nomor rekening berikut ini:
Darmawan Sidiq Bank Mandiri Kantor Cabang Pembantu Tangerang Bintaro No. Rekening 128-00-0634723-8
2.      Mengisi formulir pendaftaran secara online dengan mengunggah :
§  Pas foto berwarna ukuran 3x4 (masing-masing peserta dan dosen pembimbing)
§  Surat rekomendasi perguruan tinggi dalam bentuk hasil scanning
§  Kartu Tanda Mahasiswa / identitas lainnya dalam bentuk hasil scanning
§  Bukti Penyetoran uang pendaftaran dalam bentuk hasil scanning.
§  Seluruh file yang akan di unggah, dijadikan satu file dalam format .rar atau .zip
3.      Pendaftaran online klik www.nac-stan.com (untuk lebih lengkapnya)
4.      Konfirmasi pendaftaran melalui SMS dengan format : Nama Perguruan Tinggi (spasi) Nama Ketua Tim (spasi) Nomor Bukti Transfer ke nomor 08980805112 (Anggi)
5.      Melakukan registrasi ulang yang akan dilaksanakan pada saat seleksi pendahuluan di kota pelaksanaan dengan membawa seluruh berkas pendaftaran pada poin 2 (asli) untuk diserahkan kepada panitia ditambah formulir pendaftaran* yang telah diisi dengan lengkap (hardcopy). *Formulir pendaftaran dapat diunduh di www.nac-stan.com
Jika, informasi yang disajikan di atas terlalu panjang atau melebih waktu publikasi, publikasi bias diarahkan ke website kami yakni www.nac-stan.com
Contact Person :
    • Sandi : 085776803001
    • Anisa : 08981148650
    • Gina : 085268232879

Keterangan:
Informasi publikasi yang telah kami tandai di atas merupakan inti dari publikasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar